Augmented Reality : Inovasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini
Kata Kunci:
augmented reality, flashcard, Pembelajaran, PAUDAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui kualitas media pembelajaran anak usia dini berbasis augmented reality untuk dapat digunakan dalam pembelajaran pada satuan PAUD di Kabupaten Buton; (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran anak usia dini berbasis augmented reality pada satuan PAUD di Kabupaten Buton. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R & D) dengan model desain yang dikembangkan oleh Lee & Owens (2004) yang terdiri dari empat tahapan yaitu assessment/analysis, design, development and implementation, evaluation. Penelitian ini melibatkan 21 Taman Kanak-Kanak Kelas B di Kabupaten Buton. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) desain media pembelajaran anak usia dini menggunakan teknologi augmented reality sebagai basisnya, memiliki flash card, bersifat kontekstual, dan menjadi sumber belajar mandiri bagi anak; (2) kualitas media augmented reality sudah sangat baik dengan rerata hasil validator menunjukkan hasil yang sangat valid dengan catatan rekomendasi dapat digunakan dalam pembelajaran AUD dengan sedikit revisi: (3) keefektifan media pembelajaran AUD berbasis augmented reality menunjukkan hasil bahwa guru memberikan respon yang sangat baik terhadap media AUD berbasis augmented reality, aktivitas belajar anak tergolong sangat baik dengan menggunakan media berbasis augmented reality, tampak aspek perkembangan anak mulai dari kognitif, Bahasa, fisik, motorik, moral dan agama, sosial emosional, seni.